'Uang Plastik' untuk Perjalanan Anda

Investment / 15 May 2010

Kalangan Sendiri

'Uang Plastik' untuk Perjalanan Anda

Lois Official Writer
4179

Apa itu prepaid travel money cards? Mungkin masih banyak di antara kita yang belum mengetahui benda apakah ini. Kartu pembayaran ini sekarang menjadi pilihan bagi banyak orang yang senang bepergian. Selama ini bila bepergian, hal yang paling sering dilakukan adalah membawa valuta asing ataupun traveler cheques sebagai bekal perjalanan, namun tidak nyaman dan beresiko dari sisi keamanan.

Kartu prabayar uang perjalanan atau prepaid travel money cards ini memberikan kemudahan dengan adanya fasilitas pengisian sejumlah nilai uang yang diinginkan ke dalam akun kartu, fungsinya sama seperti kartu ATM.

Dengan menggunakan kartu ini, Anda dapat menarik uang dan membayar barang yang Anda beli. Adapun keuntungannya yaitu dapat memberikan informasi mengenai transaksi yang telah dilakukan dan sisa deposit yang masih ada dalam rekening, sehingga Anda lebih dapat mengatur anggaran dengan bijaksana. Ada pembatasan dalam pengisian minimum dan maksimum uang / valuta yang diisi, hal ini tergantung dari perusahaan yang mengeluarkan kartu. Setiap kartu disertai dengan PIN sebagai alat keamanan dalam pembayaran transaksi.

Pemegang kartu tidak perlu membawa uang cash bila hendak melakukan perjalanan. Deposit uang yang ada dalam kartu dibuat terpisah dengan akun di bank sehingga mengurangi resiko pembobolan kartu. Dengan kartu ini, Anda dapat menghindari resiko adanya tagihan yang tidak diharapkan dan dapat melakukan control atas limit maksimum yang dikehendaki. Pemegang kartu dapat mengisi ulang dengan pengisian transfer via bank, pengisian cash, kartu debit dan kartu kredit.

Kartu ini ditawarkan oleh Visa dan Mastercard, bahkan Mastercard sudah meninggalkan pasar travelers cheque agar fokus pada kartu prabayar ini. Untuk konversi denominasi mata uang masih terbatas hanya dalam bentuk dolar ataupun euro saja. Meskipun demikian, cakupan transaksi keuangan dolar dan euro ini dapat dibilang dapat diterima hampir di semua belahan dunia. Jadi pemegang kartu dapat mengisi dengan euro bila hendak bepergian ke wilayah Eropa atau dalam denominasi dolar bila hendak bepergian ke negara manapun yang menerima mata uang dolar.

Sumber : pengelolaankeuangan/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami